Seputar Diabetes Mellitus


Apakah diabetes itu ?

Diabetes mellitus, atau seringkali hanya disebut sebagai diabetes, merupakan sekelompok kondisi metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah.

Diabetes diakibatkan oleh karena adanya gangguan produksi insulin pada pankreas ataupun gangguan terhadap aksi insulin itu sendiri.

Diabetes dapat disembuhkan dengan diet, olahraga, dan obat-obatan. Benar atau tidak ?

Salah. Tidak ada obat untuk diabetes, dan penyakit ini akan berlangsung sepanjang hidup. Namun, diet, olahraga, dan obat-obatan dapat membantu mengelola kadar glukosa dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Apakah gejala dari diabetes ?

Diabetes mempengaruhi banyak sistem tubuh yang berbeda dan menyebabkan sejumlah gejala, diantaranya rasa lapar yang berlebihan dan / atau rasa haus, mulut kering, meningkatnya keinginan buang air kecil, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, sakit kepala, dan menurunnya penglihatan.

Penyembuhan luka yang buruk, infeksi vagina, impotensi, berat badan bertambah, mati rasa atau kesemutan pada ekstremitas, dan kulit gatal juga dapat dikaitkan dengan diabetes.

Insulin adalah hormon alami yang disekresikan oleh organ atau kelenjar apa ?

Pankreas. Kadar gula darah dikendalikan oleh hormon insulin, yang diproduksi di dan disekresikan oleh pankreas.
pankreas-penghasil-hormon-insulin
pankreas, tempat insulin diproduksi
Orang yang mengalami obesitas lebih mungkin untuk menderita diabetes tipe 2. Benar atau tidak ?

Benar. Mereka dengan peningkatan lemak tubuh berada pada risiko tinggi untuk diabetes tipe 2. Risiko terbesar bagi orang-orang dengan kelebihan lemak pada daerah sekitar pinggang. Orang-orang ini juga mengalami peningkatan risiko untuk hipertensi, kadar kolesterol tinggi, dan penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang ramping atau memiliki lemak berkonsentrasi di sekitar pinggul.

Prediabetes dianggap sebagai kondisi reversibel. Benar atau tidak?
Benar. Pradiabetes telah disebut sebagai "gangguan toleransi glukosa" dan dianggap sebagai tahap awal diabetes tipe 2, yang berpotensi reversibel.

Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada bagian tubuh apa ?

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada organ yang berbeda, termasuk saraf, pembuluh darah, mata, dan ginjal.

Apakah diabetes gestasional ?

Gestational diabetes adalah diabetes yang terjadi selama kehamilan. Diabetes ini meningkatkan risiko komplikasi bagi ibu dan bayi yang dikandungnya.

Orang dengan diabetes rentan terhadap infeksi. Benar atau tidak ?

Diabetes dapat menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi.Gula darah tinggi (glukosa) menyebabkan kadar gula yang tinggi dalam jaringan tubuh Anda. Ketika hal ini terjadi, bakteri tumbuh pesat dan infeksi dapat berkembang lebih cepat pada orang dengan diabetes.

Pada diabetes tipe 1, tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Benar atau tidak ?

Benar. Orang dengan diabetes tipe 1 tidak menghasilkan insulin dan harus mendapatkan suntikan insulin.

Ketika tubuh tidak dapat merespon insulin, termasuk jenis diabetes apa ?

Diabetes tipe 2.Orang dengan diabetes tipe 2 dapat menghasilkan insulin, tetapi tubuh mereka tidak dapat merespon dengan baik terhadap insulin yang diproduksi pankreas.

Apa yang dimaksud dengan kondisi di mana ginjal tidak mampu menahan air ?

Diabetes insipidus. Diabetes insipidus ini berbeda dari diabetes mellitus. Diabetes insipidus ditandai oleh ketidakmampuan ginjal untuk menahan air, sehingga volume urin besar dan encer serta penderita seringkali merasa haus.