Friday, April 25, 2014

Obat migraine terbaru , bekerja dengan mencegah bukan mengobati serangan

Kabar gembira bagi anda yang menderita migrain sebab saat ini telah ditemukan 2 jenis obat yang telah melewati fase eksperimental dan memberikan harapan baru bagi pencegahan migrain anda kambuh kembali. Tidak seperti obat yang telah ada yang hanya mengobati ketika serangan migrain muncul, obat ini bekerja dan ditujukan untuk mencegah serangan migrain kembali kambuh.

serangan-migraine

Migrain merupakan penyakit ketiga yang paling umum ditemukan di dunia namun pilihan terapi/obatnya termasuk yang paling buruk. Dr. Peter Goadsby, seorang professor neurosains klinik di King's College London dan University of California, merupakan salah seorang peneliti obat ini. Beliau berkata bahwa era baru terapi migrain telah tiba. Hal yang senada diaminkan koleganya Dr. David Dodick di Mayo klinik Arizona yang berkata bahwa selama ini hanya sedikit jenis terapi yang efektif dan dapat ditoleransi dengan baik untuk mencegah kekambuhan penyakit migrain.

Kedua Obat ini yakni ALD403 dan LY2951742, merupakan sejenis monoklonal antibodi ( kumpulan banyak kopi dari satu jenis antibodi tertentu ) yang bekerja dengan target protein spesifik yang dihasilkan sel saraf otak yakni CGRP atau calcitonin gene-related peptide (peptida terkait gen kalsitonin). CGRP ini merupakan protein yang dihasilkan sel neuron dan sangat penting dalam terjadinya migrain. Kedua obat ini merupakan obat pertama yang spesifik bekerja pada terget CGRP.

Pada tes yang dilakukan selama 24 minggu ALD403 berhasil menurunkan serangan migrain hingga 66 % pada163 penderita migrain sementara obat LY2951742 selama 12 minggu berhasil menurunkan serangan migrain hingga 63% pada 217 orang penderita migrain.